Jumlah Pengunjung Blog Ini

Kamis, 03 Februari 2011

Skill berkendara motor




Keahlian atau skill seseorang mengendarai motor bisa anda lihat dengan mudah dari caranya mengendarai motor bukan pada kecepatan tinggi, tapi pada kecepatan rendah. Apabila pada kecepatan rendah dia terlihat santai dan menguasai motornya maka dapat dipastikan orang tersebut memiliki skill atau keahlian yang lumayan bagus. Sedangkan kalau pada kecepatan rendah dia terlihat kagok, berkali-kali menurunkan kaki atau bahkan sama sekali tidak menaikan kaki dan terus menyeret kakinya maka dapat dipastikan orang tersebut memiliki skill yang pas-pasan.

Kalau anda bertemu pengendara seperti itu, sebaiknya anda menjauh darinya dan jaga jarak anda. Karena orang itu skill-nya pas-pasan, artinya skill-nya hanya pas untuk jalan raya yang kosong dan tidak ada kendaraan lain di sekitarnya.

Saat berjalan dengan kecepatan di atas 10 kph, motor cenderung stabil dan seimbang. Semakin cepat motor berjalan atau sampai batas tertentu, semakin stabil motor tersebut. Karena itu, mengendalikan motor yang berjalan cepat (apalagi di jalan yang lurus) amat sangat mudah. Anda tidak perlu repot karena pada kecepatan tinggi motor akan menjaga keseimbangannya sendiri tanpa perlu campur tangan anda.

Keadaannya berbeda sekali dengan saat motor dalam keadaan berhenti atau ketika motor berjalan perlahan, seperti di bawah 10 kph. Pada kecepetan serendah itu motor sama sekali tidak seimbang dan cenderung jatuh. Anda harus “campur tangan” agar motor tidak jatuh dengan cara menjaga dan mengatur keseimbangan anda serta meng-counter ketidakseimbangan motor.

Hal ini akan menyebabkan kenapa seorang pengendara motor bisa melepaskan pegangan kedua tangannya dari stang saat motor berjalan cepat dan motor tidak jatuh. Anda tidak perlu heran atau kagum, bahkan anda perlu prihatin karena orang tersebut tidak saja membahayakan dirinya sendiri, tapi juga membahayakan orang lain.

Sebaliknya, kalau anda melihat ada orang yang mengendarai motor dengan kecepatan sangat rendah di bawah 10 kph, tanpa kedua tangannya memegang stang, anda perlu kagum dan anda bisa belajar dari orang tersebut.

Jadi agar anda bisa mengendalikan motor pada kecepatan rendah maka tingkatkan skill anda. Yang pertama adalah menghilangkan faktor-faktor yang akan menambah terganggunya keseimbangan motor. Jangan lupa, motor yang berjalan pelan kondisinya tidak seimbang dan tidak stabil, jadi jangan dibuat menjadi lebih tidak seimbang.

Pelajari dan berlatih teknik atau cara membuat motor yang tidak seimbang pada kecepatan rendah menjadi seimbang dan stabil. Dengan kata lain, belajar mengendalikan motor pada kecepatan rendah sehingga anda bisa mengetahui kesalahan yang bisa membuat terganggunya keseimbangan motor pada kecepatan rendah. Motor yang tidak seimbang pada kecepatan rendah menjadi bertambah tidak seimbang. Setelah menyadari kesalahan tersebut anda bisa lakukan dengan berhenti melakukan kesalahan tersebut.

Anda bisa lakukan cara sederhana yaitu mengurangi dan berusaha tidak lagi menggunakan rem depan saat motor berjalan perlahan dengan kecepatan di bawah 15 km per jam. Berusaha sebisa mungkin untuk tidak menurunkan kaki saat berjalan perlahan di tengah kemacetan. Tidak lagi melihat ke bawah saat motor jalan pelan dan tidak lagi melihat ke ban belakang motor di depan anda atau ke bemper mobil di depan anda dan sebagai gantinya melihat jauh ke depan. Semoga anda bisa mengendarai motor dengan menghilangkan faktor-faktor yang membuat motor semakin tidak seimbang.

Sumber: gilamotor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar