Jumlah Pengunjung Blog Ini

Kamis, 03 Februari 2011

Substitusi Kampas Kopling Smash


                


            Suzuki Smash adalah salah satu varian sepeda motor Suzuki yang pertama kali diproduksi pada tahun 2002. Harga bekas yang terjangkau merupakan salah satu alasan dari beberapa orang untuk memiliki unit second-nya. Namanya juga motor seken apalagi umurnya sudah lebih dari 5(lima ) tahun. Motor merek apapun jika sudah menginjak usia di atas 5 tahun tentu ada spare parts-nya yang aus dan sudah saatnya di ‘lem biru’ (lempar, beli baru he.he).
            Salah satu parts yang sudah saatnya minta disubstitusi adalah kampas kopling yang sangat berperan dalam penyaluran tenaga dari mesin ke roda belakang.

 Kampas Kopling Smash (kiri), dan Satria (kanan)


            Tanda-tanda kampas kopling sudah mau ‘pensiun’ adalah motor rasanya ogah berlari, maunya teriak mulu. Throttle sudah dipelintir dalam-dalam, tapi lari motor masih kaya lari ditempat, gak bias ngebut. Selain itu juga resposifitas motor juga berkurang, yang sangat terasa di jalan macet maupun menanjak. Selain itu juga saat akselerasi terasa bergetar kaya lagi demam yang menendakan kampas kopling sudah tak mampu meneruskan energi ke roda belakang, sehingga selip. Efek yang paling tersa adalah boros bensin.
            Untuk penggantian kampas kopling ada beberapa pilihan untuk sepeda motor ini. Pilihan pertama ya ganti sesuai bawaan motor, kalo ini sih gampang, tinggal bawa motor ke bengkel resmi. Namun ada alternative lain kalau ingin performa motor ingin lebih baik, yaitu menggunakan kampas kopling Suzuki Satria R-120 2-tak kopling manual (keluaran tahun 2001-2003, bukan yang Hiu ya..)Motor jenis ini sudah discontinue produksinya, tapi spare partsnya masih ada yang jual. Bentuk dan ukuran kampas koplingnya mirip dengan punya Smash, jadi saat pemasangan tinggal plek aja.
            Mungkin trik ini sudah banyak yang tahu, tapi masih banyak juga yang masih bertanya-tanya, apakah trik ini benar.
            Hal ini terbukti pada Smash 2003 milik saya pribadi. Setelah penggantian kompas kopling pakai punya Satria, motor jadi terasa lebih responsive dan akselerasi lebih enak, apalagi dimodifikasi jadi kopling manual, jadi mak nyus….Kalau untuk pemakaian sehari-hari sangat mumpuni, tapi jangan untuk balapan di jalan ya.. soalnya kalau balap2an kasian motornya, lagian seandainya kita celaka kasihan anak-istri kita. RESPOSIBLE RIDING bro, itu harus kita tanamkan pada diri kita…! Ngebut boleh tapi jangan slonong boy…..OK bro?



6 komentar:

  1. minta bantuan donk, gw punya smash persis kayak gene.
    gw pengen modif.
    bentuk yg cocok gmana ya........?

    BalasHapus
  2. Modifnya yang kaya gimana nih.. mesinnya or tampilannya. Kalau punya saya sih cukup ganti kopling manual, kampas kopling + per kopling RMG. Untuk sok pake variasi. ban ukuran 100/80 (belakang) dan 80/90 (depan). Asalkan motor terawat dan terjaga kebersihanya, enak kok ngeliatnya tanpa harus modif ekstrim.

    BalasHapus
  3. mas tyo mw tnya nih, kalo modifikasi kopling smash menjadi kopling manual berapa ia??? sekaligus ganti bak kopling sama kanvas kopling nya... trimss

    BalasHapus
  4. kalau saya waktu itu habis biaya sekitar 500rb untuk bak kopling dan ongkos pasang, belum untuk kanvas kopling. Kanvas kopling pake punya satria aja, sekeping sekitar 40rb-an. Smash pake 4 keping

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo itu bak kopling ori atw buatan mas??

      Hapus
    2. Baknya udah lengkap dari sononya, ada stut kopling, handel dll, sepaket. Jadi tinggal pasang aja.

      Hapus